Spider-Man – Peter Parker (Earth-616)

[Total: 0    Average: 0/5]

Spider-Man adalah pahlawan fiktif yang muncul dalam komik terbitan Marvel Comics yang diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Karakter ini muncul pertama kali dalam Amazing Fantasy #15 Agustus 1962 dan menjadi salah satu superhero paling populer dan sukses secara komersial.

Data Diri

Nama AsliPeter Benjamin Parker
AliasSpider-Man
Jenis KelaminLaki-laki
Berat 76 Kg
Tinggi 5′ 10″
RasManusia

Sejarah Hidup

Awal Kehidupan

Identitas asli Spider-Man adalah Peter Benjamin Parker atau lebih kita kenal dengan nama Peter Parker, seorang pemuda yang berasal dari Forest Hill, New York City. Ayahnya dan ibunya yang bernama Richard dan Mary Parker merupakan agen CIA dan telah tewas di tangan Red Skull dengan menjebak mereka seolah-olah mereka mengalami kecelakaan pesawat. Di umur 7 tahun, Peter dititipkan pada paman dan bibinya yang bernama Ben dan May Parker. Dia pun tumbuh menjadi pemuda yang cerdas terutama dalam bidang sains.

Peter bersama ayah dan ibunya

Peter Parker awalnya merupakan pemuda cupu dan sering menjadi target bully-an oleh teman-temannya. Salah satu orang yang sering mem-bully Peter di sekolah adalah Flash Thompson, orang yang nantinya menjadi Agent Venom.

Suatu hari, ketika Peter menghadiri pameran yang menunjukkan penanganan yang aman dari limbah laboratorium nuklir, Peter digigit oleh laba-laba radioaktif. Sejak kejadian itu, Peter Parker memiliki kemampuan melompat tinggi, kekuatan di atas manusia normal, kelincahan, dan bahkan dapat memanjant dinding layaknya seekor laba-laba.

Peter kemudian mencoba untuk menguji kekuatan yang ia dapatkan. Dia mengikuti sebuah acara gulat dengan hadiah uang yang di mana ia harus bertahan selama 3 menit menghadapi pegulat profesional bernama Joseph “Crusher” Hogan. Dia menggunakan topeng untuk menghindari rasa malu jika dia kalah, namun akhirnya Peter berhasil mengalahkan pegulat tersebut.

Awalnya Peter menggunakan kemampuanya untuk menangkap pembunuh pamannya yang tewas ditembak perampok, namun karena maraknya tindakan kriminal di New York, Peter pun mencoba membasmi kejahatan dengan identitas barunya yakni Spider-Man sambil mengumpulkan informasi tentang pembunuh pamannya.

Peter juga bergabung dengan tim pahlawan super, Fantastic Four walaupun akhirnya dia diberhentikan. Spider-Man juga memasang kamera di kostumnya, merekam kegiatannya membasmi kejahatan lalu rekaman tersebut dia jual ke Daily Bugle dan dengan cepat Spider-Man menjadi terkenal.

Saat tidak bekerja sebagai pahlawan super, Peter mengencani beberapa wanita diantaranya adalah tetangga Peter sendiri bernama, Mary Jane Watson, tetapi mereka tidak bertemu lagi selama beberapa waktu.

Gwen Stacy tewas

Setelah lulus SMA, Peter melanjutkan sekolah di Empire State University dan bekerja sampingan sebagai seorang Fotografer, Peter bertemu dengan seorang gadis bernama Gwen Stacy dan mereka kemudian menjalin hubungan, tapi sayangnya saat Spider-Man melawan Green Goblin, Gwen Stacy terbunuh.

Setelah itu Peter kembali menjalin hubungan lamanya dengan Mary Jane, Peter mengajak Mary Jane untuk menikah tapi Mary Jane menolaknya dan meninggalkan Peter selama beberapa bulan.

Peter akhirnya lulus dari ESU dan menlanjutkan hidupnya sebagai seorang pahlawan super dan Fotografer, Peter menjalin hubungan dengan Black Cat tetapi hubungan mereka tidak bertahan lama.

Secret Wars

Peter merupakan salah satu dari banyak pahlawan super yang diculik oleh Beyonder untuk bertarung dalam sebuah pertempuran yang dsebut “Secret Wars”. Ketika kostum Spider-Man miliknya rusak peter mencoba mengganti kostumnya dengan kostum baru, tetapi disaat melakukan itu Peter salah mengambil bahan dan malah mengganti kostumnya dengan organisme alien bernama “Symbiote” yang langsung menyatu dengan tubuh Peter.

Spider-Man melawan Venom

Setelah kembali ke Bumi, Peter merasa ada yang aneh dengan kostum hitam baru miliknya. Dia pun kemudian meminta bantuan Mister Fantastic, setelah diteliti ternyata kostum baru miliknya adalah organisme hidup. Mister Fantastic membantu melepaskan kostum itu dari tubuh Peter dengan paksa dan menahan organisme tersebut di markas Fantastic Four, tetapi karena kercerdasannya, organisme tersebut akhirnya berhasil melarikan diri dan mencoba kembali mencari Peter, walaupun akhirnya bergabung dengan saingan Peter di Daily Bugle bernama Eddie Brock dan menjadi penjahat super bernama Venom.

Kekuatan dan Kemampuan

Sebagai Spider-Man, Peter Parker memiliki banyak kemampuan. Ia memiliki insting panca indra yang luar biasa. selain itu Spider-Man dapat merayap ditembok dan atap layaknya laba-laba. Spider-Man juga memiliki “Web Shooter” yang berfungsi untuk mengeluarkan jaring. Tubuh Spider-Man juga luar biasa karena bisa menyembuhkan diri dari luka yang ia terima dengan cepat.

Silahkan follow dan like
error

Comments

So empty here ... leave a comment!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar



Lewat ke baris perkakas